Thursday, October 6, 2016

Apple Resmi Memperkenalkan macOS

Apple Resmi Memperkenalkan macOS - Setelah 15 tahun, Apple akhirnya secara resmi meninggalkan nama OS X untuk sistem operasi komputer Mac. Sebagai gantinya, sistem operasi dari Apple ini akan punya nama baru yaitu macOS.

Apple Resmi Memperkenalkan macOS

Versi pertama dari macOS diberi nama Sierra. Sejumlah fitur baru tentunya bisa ditemukan di sini, dan kehadiran asisten virtual Siri adalah salah satu yang diunggulkannya. Dengan bantuan Siri, pengguna komputer Mac nantinya bisa mengendalikan aplikasi di macOS, melakukan pencarian di internet hingga menghibur penggunanya dengan memberikan lelucon.

Tidak hanya Siri saja yang dijagokan dari macOS ini. Ada fitur lain yang tak kalah menarik. Sebut saja seperti fitur Continuity yang memungkinkan pengguna membuka sistem unlock Mac lewat Apple Watch dan Universal Clipboard yang menghubungkan macOS dan iOS. Dengan Universal Clipboard, pengguna macOS bisa melakukan cut, copy atau paste teks atau halaman URL dari komputer Mac ke iPhone dan iPad atau sebaliknya.

Selain fitur-fitur tersebut, macOS juga nantinya akan mendukung sistem pembayaran digital Apple Pay untuk mempermudah belanja Online. Kemudian punya fitur TAB untuk urutan aplikasi yang sedang dijalankan seperti TAB di browser Safari, dilengkapi fitur Photos dengan dukungan sistem pencarian pintar dan mode Memories yang bisa membantu pengguna merangkum foto untuk dijadikan video, dan Picture-in-Picture yang bisa berguna untuk menonton video di peramban bersamaan dengan menjalankan aplikasi lain.

Untuk saat ini, macOS Sierra saat ini masih hadir dalam versi beta. Rencananya Apple akan mulai merilis macOs sekitar kuartal keempat tahun ini. Untuk perangkat yang kompatibel diantaranya MacBook, iMac akhir tahun 2009 dan diatasnya, MacBook Air, MacBook Pro, Mac mini dan MacPro keluaran terbaru.