Thursday, October 6, 2016

Intel Luncurkan Apollo Lake Chipset untuk PC Murah

Intel Luncurkan Apollo Lake Chipset untuk PC Murah - Setelah belum lama ini secara resmi memperkenalkan generasi terbaru dari chipset kencang mereka yang diberinama Kaby Lake, Intel ternyata diam-diam juga meluncurkan chipset lainnya menggunakan arsitektur berbeda, yakni Apollo Lake.

Intel Luncurkan Apollo Lake Chipset untuk PC Murah

Berbeda dengan Kaby Lake, Apollo Lake ditujukan untuk PC kelas bawah yang tentunya dibanderol jauh lebih murah.

Chipset 14nm


Intel Apollo Lake adalah sebuah chipset 14nm yang dikembangkan berdasarkan mikroarsitektur x86 bernama Goldmont, serta menggunakan teknologi grafis yang sama dengan yang digunakan pada Skylake.

Pastinya, Apollo Lake menjanjikan performa CPU dan grafis yang lebih tinggi dibanding generasi prosesor murah garapan Intel sebelumnya. Apollo Lake juga tampil lebih compact dan efisien termasuk dalam hal konsumsi daya.

Kehadiran Apollo Lake nantinya akan membantu komputer murah untuk menanamkan teknologi yang lebih modern, contohnya USB Type-C. Beberapa tipe memori pun telah didukung Apollo Lake, misalnya LPDDR4, LPDDR3, dan DDR3L.

Tersedia 6 tipe chipset


Intel kabarnya akan langsung menyediakan 6 tipe chipset yang berbasis Apollo Lake. Mereka adalah Celeron N3350, Celeron N3450, Pentium N4200, Celeron J3355, Celeron J3455, dan Pentium J4205. Tiga chipset yang disebut lebih dulu memiliki TDP (thermal design power) 6W, sedangkan tiga sisanya 10W. Seri Pentium menggunakan kartu grafis Intel HD 505, sementara Celeron berbekal Intel HD 500.

Kehadiran chipset-chipset berbasis arsitektur Apollo Lake tersebut akan menggantikan prosesor murah sebelumnya yang berbasis arsitektur Braswell. Apollo Lake akan menjadi senjata utama pada perangkat seperti notebook murah, mini dekstop, laptop 2-in-1, dan yang lainnya.

Artikel Terkait

Saya adalah admin di blog Digizena, salam kenal.