Thursday, October 6, 2016

MediaTek Umumkan Chipset Helio P15

MediaTek Umumkan Chipset Helio P15 - Jauh sebelumnya MediaTek juga telah mengumumkan chipset papan atas mereka, Helio X30 yang bakal meluncur tahun depan. Tidak hanya itu saja, mereka juga mengumumkan lini menengah yang bakal diisi Helio P20 dan P25. Untuk mengisi kekosongan saat ini, MediaTek kembali memperkenalkan chipset terbaru mereka.

MediaTek Umumkan Chipset Helio P15

Seperti yang dikutip dari WCCFtech, disebutkan bahwa MediaTek telah memperkenalkan chipset jajaran Helio, yakni P15. Dari serinya saja sudah bisa tertebak bahwa chipset ini merupakan varian penerus dari Helio P10 yang telah dikenalkan MediaTek awal tahun 2016 lalu.

MediaTek mengklaim bahwa Helio P15 ini lebih kencang dari Helio P10 karena mereka melakukan beberapa peningkatan. Seperti pada bagian prosesor yang digunakan adalah ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2,2GHz. Pada Helio P10 prosesor tersebut hanya memiliki kecepatan 2,0GHz saja. Lalu pada GPU yang digunakan juga masih sama, yakni Mali-T860 MP2 dengan kecepatan 800MHz, meningkatan 100MHz dari sebelumnya yang berada pada angka 700MHz. Lalu pada bagian modem pun MediaTek menggantinya dengan modem LTE Cat.6. Kemampuan downlink/uplink yang dapat dicapai mampu hingga 300Mbps/50Mbps.

Sayangnya MediaTek tak membeberkan berapa kapasitas RAM yang dapat dimuat oleh Helio P15 ini Chipset ini pun bakal menyasar smartphone menengah, terutama smartphone asal Tiongkok yang kebanyakan menggunakan chipset dari MediaTek karena dapat menghadirkan harga yang bersahabat, namun dengan performa yang memuaskan. Kemungkinan awal tahun 2017 chipset ini bakal digunakan pada smartphone yang ada di pasaran.

Artikel Terkait

Saya adalah admin di blog Digizena, salam kenal.