Friday, October 7, 2016

Review Smartfren Andromax M3Y

Review Smartfren Andromax M3Y - Langkah Smartfren untuk mempercepat penetrasi 4G LTE di Indonesia masih terus berlanjut dan bahkan bisa dibilang semakin gencar. Ini dibuktikan dengan seringnya Smartfren menawarkan bundling smartphone 4G serta seri terbaru dari Mobile WiFi (MiFi) di keluarga Andromax.

Review Smartfren Andromax M3Y

Belum lama ini, Smartfren kembali meluncurkan MiFi anyar bernama Andromax M3Y yang tentunya hadir dengan beberapa peningkatan dibanding pendahulunya. Penasaran seperti apa performanya? Simak ulasan kami:

Desain tetap mungil, namun sedikit lebih besar


Review Smartfren Andromax M3Y

Seperti diketahui Andromax M3Y dirilis bersamaan dengan saudaranya, Andromax M3Z, yang kurang lebih memiliki spesifikasi serupa. Perbedaan keduanya hanya terlihat dari sentuhan akhir pada bodinya.

Secara desain, Andromax M3Y yang produksinya digarap oleh Haier tetap mengusung bodi yang mungil dan mudah dimasukkan ke dalam saku. Meski begitu, jika dibandingkan dengan Andromax M2Y yang meluncur ke pasaran lebih dulu, Andromax M3Y nampak sedikit lebih bongsor.

Anda hanya akan menemukan dua tombol yang bisa ditekan, yakni tombol Power yang berada di bagian depan, serta tombol WPS yang lokasinya terletak di samping. Cover belakang dari Andromax M3Y bisa dibuka untuk mengakses baterai, slot SIM-card, dan microSD.

Smartfren Andromax M3Y memiliki 4 LED indikator yang menunjukkan informasi terkait baterai, kualitas jaringan, WiFi, dan WPS. Sayangnya, lampu indikator tersebut kurang terang dan sulit untuk dilihat jika Anda berada di bawah sinar matahari.

Mengadopsi teknologi LTE Cat 4


Andromax M3Y dibekali chipset Qualcomm MDM 9307 yang mampu mengatur konsumsi daya dengan lebih baik. Selain itu, MiFi ini juga sudah mengadopsi teknologi LTE Cat 4 untuk kecepatan internet yang lebih kencang, serta WiFi 2.4GHz.

Sama seperti pendahulunya, Andromax M3Y pun bisa terhubung ke 32 perangkat sekaligus. Cocok jika Anda memiliki banyak gadget yang semuanya membutuhkan koneksi internet. Selain itu, slot microSD yang dimilikinya memungkinkan Andromax M3Y digunakan sebagai wireless storage untuk berbagi file seperti musik, video, dan yang lainnya.

Pengaturan dan aktivasi awalnya pun sangat mudah. Smartfren menyediakan tutorial singkat di paket penjualan yang bisa Anda ikuti dengan cepat. Terlebih lagi, Andromax M3Y juga memiliki aplikasi khusus untuk pengaturan lewat smartphone.

Kami pun tertarik mencoba kualitas jaringan Smartfren 4G LTE Advanced di beberapa lokasi di Sukabumi. Hasilnya cukup memuaskan. Smartfren memang membuktikan janjinya sebagai penyedia layanan 4G LTE paling luas dan stabil di Indonesia saat ini. Untuk digunakan browsing, mengakses media sosial, bahkan menonton video di YouTube dengan resolusi 720p pun kami tidak pernah menemukan kendala berarti.

Baterai tahan lama


Bodi Andromax M3Y memang terlihat lebih bongsor dibanding Andromax m2Y, tapi hal itu bisa dimaklumi karena Smartfren juga membenamkan baterai yang lebih besar. Dengan baterai 3000 mAh, dari kondisi daya penuh dan terhubung dengan satu smartphone, Andromax M3Y mampu menemani kami internetan sejak pagi hingga malam hari dengan total waktu sekitar 13-14 jam.

Hasil yang cukup memuaskan khususnya bila Anda termasuk pengguna yang ingin mengandalkan MiFi ini sebagai sumber koneksi internet utama untuk beraktivitas sehari-hari.

Kesimpulan


Review Smartfren Andromax M3Y

Kehadiran Andromax M3Y yang memiliki baterai lebih besar membuktikan bahwa Smartfren terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Apalagi, Smartfren tetap menjual MiFi ini di harga yang sama dengan pendahulunya.

Dibanderol Rp299.000, Smartfren Andromax M3Y sangat cocok bagi Anda yang mencari MiFi dengan dukungan jaringan yang luas dan kencang, serta baterai besar untuk internetan seharian penuh.

Yang menarik, saat ini ada promo khusus bagi pelanggan baru yakni mendapatkan MiFi Andromax 4G secara gratis hanya dengan melakukan pembelian kuota sebesar 30 GB seharga Rp300.000. Promo ini hanya berlangsung hingga Desember 2016. Bagi yang ingin membeli MiFi Andromax secara langsung dapat mengunjungi Galeri-Galeri Smartfren terdekat di berbagai kota.

Kelebihan

  • Mampu menampung hingga 32 perangkat
  • Tersedia fitur wireless storage
  • Baterai tahan lama
  • Aktivasi dan pengaturan MiFi tergolong mudah
  • Cakupan jaringan Smartfren 4G luas
  • Harga tetap sama dengan seri sebelumnya

Kekurangan

  • Lampu indikator kurang terang dan sulit terlihat di bawah sinar matahari.