Tuesday, October 18, 2016

Tips Sebelum Membeli Harddisk Eksternal

Tips Sebelum Membeli Harddisk Eksternal - Ketika kebutuhan akomodasi data dan pengarsipan file semakin banyak, saat itulah kita perlu external harddisk. Ketahui tip berikut sebelum kamu membeli.

Tips Sebelum Membeli Harddisk Eksternal

Kebutuhan akomodasi data semakin berkembang, seiring dengan semakin cepatnya koneksi Internet yang kita gunakan di masa kini. Jika tak suka streaming, bisa saja setiap harinya kamu mengunduh film atau serial favorit.

Lama kelamaan, data di laptop pun semakin lama semakin penuh, sementara kamu ingin mengarsipkan file tersebut seterusnya. Lalu external harddisk kemudian muncul menyelamatkan modern computing, sehingga pengguna komputer tak lagi pusing memikirkan file yang sudah penuh di laptop atau PC mereka.

Tinggal backup ke external harddisk, laptop atau PC kamu pun bisa bernapas lagi leluasa seperti sedia kala. File pun aman di harddisk yang bisa kamu bawa ke mana saja.

Sayangnya, pengguna komputer terkadang punya keputusan yang salah dalam memilih external harddisk. Beberapa pertimbangan yang semestinya diperhatikan, malah membuat pengalaman menyimpan data jadi tak maksimal.

Tips Sebelum Membeli Harddisk Eksternal

Untuk itu, sebelum membeli external harddisk untuk mengarsip data-datamu, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal penting ini, seperti rangkuman Digizena berikut ini :

1. Kecepatan putaran harddisk di dalamnya


Saat ini, ada dua jenis kecepatan harddisk yang sangat populer, yaitu 5400 rpm dan 7200 rpm. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat putaran harddisk-nya saat memproses data.

Jika kecepatan bukan preferensimu, maka membeli yang 5400 rpm pun cukup, lagipula lebih murah. Sebaliknya, jika butuh yang cepat, siap rogoh kocek lebih dalam.

2. Teknologi USB


Hampir semua laptop atau PC rilisan baru sudah memiliki interface USB 3.0. External harddisk pun begitu. Teknologi ini memungkinkan proses transfer file bisa sangat cepat, sampai 614 MB per detik. Sementara, teknologi yang sebelumnya, USB 2.0, hanya mampu mentransfer data maksimal 60 MB per detik.

3. Kompatibel atau tidak?


Platform komputer apa yang kamu gunakan? PC Windows atau Mac? Tak semua external harddisk bisa cocok untuk salah satu platform tersebut.

Jadi riset terlebih dahulu, harddisk mana saja yang bisa kompatibel dengan komputermu, agar tidak ribet lagi mengatur ulang demi bisa transfer file ke harddisk tersebut.

4. Automatic backup


Punya harddisk berfitur automatic backup akan lebih menguntungkanmu, karena file bisa terjamin aman, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan terkait software atau hardware. Biasanya, beberapa produk external harddisk juga sudah memasukkan software automatic backup di dalamnya, jadi kamu tak perlu lagi mengatur manual di laptop atau PC.

5. Portable


Ya, external harddisk merupakan produk teknologi yang memang dirancang portable. Dan memilih harddisk yang ukurannya lebih kecil dan ringan, akan lebih baik. Jadi kamu bisa tak repot jika membawanya ke kantor atau kampus.

Artikel Terkait

Saya adalah admin di blog Digizena, salam kenal.